Jumat, 30 September 2011

FILOSOFI


Akhir pekan kemarin tepat gue masuk di semester 5. Gue belajar lagi yang namanya PANCASILA. Aneh iya, masa udah semester 5 masih aja ada PANCASILA. Tapi itulah fakta yang terjadi, di tempat kuliah gue emang systemnya gitu, yang susah di utamain dulu kalo yang lumayan susah dibelakangin.

Dosen sibuk nerangin tentang apa arti PANCASILA, gue sibuk merhatin si dosen. Bukan karna gue mahasiswa yang sok ngarti, tapi gue merhatiin dosennya karna muka dosennya mirip temen SD gue, yang kelakuannya mirip kaya BANCI dan hobinya GARBOL (baca:garuk-garuk bool) terus dicium dah tuh tanganya (huekkkk jorok). Meskipun jorok, anehnya temen gue itu termasuk golongan orang pinter di kelas.
Wah jangan-jangan rahasia kepinterannya akibat suka GARBOL yaa ???. Bisa kali ditiru, hahaha NAJIS. Lo aja dah, gue mendingan tetep jadi TOLOL dari pada suka GARBOL.

Kan gak lucu aja pas tangan lagi keseleo, hobi GARBOL itu lalu muncul, masa gue mesti minta orang lain garukin ???. Udah pasti semua manusia normal gak bakalan mau. Ada sih yang mau, tapi itu cuma kaum HOMO. Yang ada tuh bool bukan cuma digaruk, tapi bakalan di SODOMI. Lebih baik gue mati dari pada mesti di SODOMI.
Udah ah ngebahas tentang GARBOL, balik lagi ke dosen gue. Dia nerangin sangat jelas sekali. Dari arti PANCASILA, sejarahnya, sampai ke filosofinya (iyalah namanya juga dosen). Si dosen pun menanyakan kepada mahasiswanya apa filosofi hidup kalian, dan mahasiswa yang mendapatkan kehormatan itu adalah cewe yang duduk di depan. Dari penampilan sih tuh cewe modis banget, yaaa anak GAUL zaman sekarang banget dah. Yang semuanya serba 3B, BlackBerry+Behel+Bh.  (loh B yang terakhir mah emang wajib, bisa bahaya kalo sampe gak ada, hehe. Dasar otak mesum lo TOLOL)

‘Apa filosofi hidup anda’, tanya dosen ke cewe GAUL.
‘Filosofi apa iya pak’, jawab cewe GAUL dengan muka polosnya.

Hahahaha, sontak satu ruangan menertawai cewe GAUL tersebut. Parah banget, udah semester 5 masa gak tau apa itu filosofi. Ternyata untuk kali ini, gue setuju sama pendapat orang. Kalo cewe yang jago dandan, pengetahuaanya cetek. Abis dia terlalu sibuk ngurusin penampilan, jadi lupa sama hal yang lebih penting yaitu pengetahuan.

‘Saya kira kalian semua udah pada paham apa itu filosofi, makanya tadi saya langsung ngejelasisnya. Ternyata masih ada yang gak ngerti. Filosofi itu adalah sebuah pandangan’, ucap si dosen.
‘Oh itu pak, kalo pandangan hidup saya mengalir kaya air gitu aja pak’.
‘Berarti anda setuju kalo air itu selalu mengalir ketempat yang rendah’.
‘Yaa .. iya sih pak, tapi gak gitu juga pak. Maksud saya, biar bisa nyatu dimana aja’.
‘Oh yaudah terima kasih. Baik, coba yang duduk dipojok sana. Apa filosofi anda’, lanjut dosen.
Yang duduk dipojok itu kebetulan gue, gue pun langsung menjawabnya.
‘Filosofi hidup saya seperti sepak bola, dengan bantuan 11 pemain dan 1 pelatih yang bagus akan bisa menghasilkan tujuan yaitu kemenangan. Dan dengan cara seperti itu saya akan memujudkan tujuan hidup saya’, jawab gue.
‘Berarti anda selalu mebutuhkan bantuan orang lain. Sebenarnya  apa tujuan hidup anda’.
‘Tujuan hidup saya surga pak’.
‘Oh berarti anda harus banyak belajar kepada berberapa guru agar tujuan anda bisa tercapai’.

Gue pun cuma menganggukan kepala gue, dan berbicara di dalem hati “iyalah, nabi aja butuh bimbingan dari ALLAH SWT. Apalagi gue, yang baru ngarti sedikit tentang agama”.

Sesi tanya jawab pun selesai, kemudian dosen kembali menjelaskan tentang materi yang tadi sempat tertunda. Dia pun suka menyindir kepada para mahasiswa yang suka memainkan handphone. Walaupun hasilnya percuma gak berhasil, maklum aja di kelas gue yang sekarang banyak banget anak GAULnya, dimana pun tempatnya tetep BBan gas terus dan  gak peduli lagi belajar atau gak. Sedangkan gue gak ikutan, gue udah cukup puas internetan di rumah. Dan gue gak enak juga sama orang tua gue, masa gue udah di kuliahin malah gak merhatiin pelajaran. Tau gitu mending gue dagang es kelapa muda, lumayan tiap bulan puasa permintaan kelapa pasti meningkat. (loh)

Tanpa terasa waktu berjalan dengan cepat dan belajar PANCASILA pun harus di hentikan. Di sambung minggu depan. Gue pun memutuskan untuk langsung pulang ke rumah. Dan selesai juga lah pembahasan mengenai filosofi.

Inti gue nulis ini cuma pengen bilang ke lo semua, meskipun gue sama lo beda filosofi. Tapi inget, semua yang lo kerjain sekarang pasti ada resikonya. Entah itu dengan resiko yang menguntungkan atau gak. cuma waktu yang bakalan ngejawab itu semua.

Emang sih setiap orang bebas mau ngelakuin apa aja semau BACOTnya, selama gak ngerugiin orang lain. Toh lo juga yang bakalan nikmatin hasilnya. Untuk menutup cerita ini, berikut kutipan dari gue buat lo semua. Kalo gak suka sama kutipannya udah telat juga bos (siapa suruh lo baca nie tulisan, hehe). Kayanya lo mesti terpaksa baca, abis ini kan paragraph terakhir, KENTANG (baca:kena tanggung) kalo baca gak sampe abis. hehe. Semoga bermanfaat.

“Orang sukses adalah orang yang pernah ngalamin namanya kegagalan, dengan adanya kegagalan orang bakalan berfikir dan bangkit untuk menata ulang hidupnya. Agar menjadi sukses”.

“Dan sukses bukan cuma di ukur dari seberapa banyak lo punya duit, tapi seberapa besar lo bisa nyaman menikmati hidup ini. Khusus untuk orang yang kelebihan duit dan bingung mau ngapain, cobalah  membantu orang lain keluar dari kesusahan hingga menjadikan orang tersebut sukses di kemudian hari. Dari pada lo cuma abisin tuh duit buat foya-foya. Gak ada salahnya nyoba nolong orang”.

2 komentar:

  1. punya temen sd aneh bngt dh ,, masa pny hoby aneh gtu ,, ckckckck

    BalasHapus
  2. husssssss jangan terlalu di bahas, kasian tau :)
    komentarnya pake nama dong captain, hehehehe pissss jangan marah :D

    BalasHapus