Minggu, 09 Oktober 2011

ASAL MUKA MENJUAL



Musik, semua orang pasti pernah menikmati dan bahkan ada yang menjadikan musik sebagai mata pencarian. Musik di dunia ini jenisnya bermacam – macam, contohnya ada pop, dangdut, metal, rock, jazz, dan masih banyak lagi.

Gue juga sempet belajar bermain musik. Alat musik yang sempet gue pelajarin yaitu gitar. Untuk membeli sebuah gitar, gue harus nabung dari duit jajan gue sedikit demi sedikit sampai pada akhirnya kebeli juga tuh gitar. Setelah kebeli, gue minta di ajarin maen gitar sama abang gue. Karna gue GOBLOK di bidang musik, gue gak berhasil menjadi seorang gitaris dan hanya sebagai penikmat setia musik. Nasib gitar gue, sekarang tuh gitar cuma jadi pajangan di kamar. Mau gue jual tapi sayang, gue inget banget perjuangan gue untuk beli itu gitar, gue harus rela menahan nafsu binatang gue untuk beli makanan dan membatasi hobi maen PlayStation di rental demi membeli gitar. Akihirnya tuh gitar terpaksa gue masukin ke dalem sarungnya dan di temani dengan debu kamar yang sering hinggap di sarung gitar.

Ngomongin soal musik, band/penyanyi favorit gue banyak banget dari Avril lavigne, Blink 182, PSP, dan masih banyak lagi. Tapi ada satu band yang paling gue tunggu lagunya adalah PETERPAN, sayang band itu mesti bubar dan ganti nama band. Menurut gue lagu yang diciptakan sama Ariel sang vokalis keren banget, tiap lyricnya sangat inspiratif. Semoga aja setelah dia bebas, dia bisa berkarya lagi di bidang musik. Gue sih cukup nikmatin lagunya dan gak mau ikut campur sama urusan pribadi orang lain. Semua orang pasti pernah punya kesalahan, jadi nikmatiin aja hasil lagunya dan gak usah tuh ngebahas lagi masa lalu. Sebab itu bakalan ngebuat orang sulit berkembang dan selalu terjebak sama namanya MASA LALU.

Masa lalu emang penting buat di jadiin guru yang paling bermanfaat, tapi masa lalu yang suram gak layak buat lo inget. Hidup terus berlanjut dan terus berlanjut. Kalo lo masih mikirin masa lalu, lo bakalan terpuruk sama kelakuaan TOLOL lo sendiri yang suka mengingat masa lalu yang suram.
Tadi sekilas tentang gue dan musik. Sekarang gue mau ngebahas tentang topik gue kali ini mengenai musik.
Dulu musik cuma dijadikan sebagai hobi, tapi sekarang musik berubah menjadi industri yang menjanjikan. Hal ini jelas sudah  terbukti, udah ratusan bahkan sampai ribuan orang yang ingin meraih mimpi mereka lewat jalur musik. Fenomena ini terjadi di seluruh dunia. Contohnya di INDONESIA, artis sinetron dan polisi aja bisa keluar dari kebiasaanya sehari-hari akibat tawaran yang menggiurkan dari industry musik. Khusus kali ini gue cuma mau ngebahas yang terjadi di Negara tercinta gue INDONESIA.

Mula-mula gue bakalan ceritain tentang perkembangan musik menurut pendapat gue, pada dasarnya gue menyukai semua jenis musik yang ada di INDONESIA. Tapi yang bikin gue terkadang NAJIS ngedengerin musik itu akibat para penyanyinya dan kualitas lagu mereka. Dari gaya dia nanyi, pakaian yang di kenakan, lagunya gak jelas, sampai emang pada dasarnya suara si penyanyi emang ANCUR. Herannya hal itu banyak banget terjadi di industry musik INDONESIA. ASAL MUKA MENJUAL, kualitas vocal mah bisa di atur jadi bagus lewat teknologi. Pas lagi giliran manggung pasti lipsing. NAJIS

Untuk tiga bulan terakhir, acara musik di TV lokal INDONESIA selalu di kuasai sama “BOY/GIRL BAND”. Gara – gara ini, gue jadi ogah nonton TV. Saking lamanya gue gak nonton TV, ada satu musik aneh yang dosen gue setel melalui laptopnya. Menurut insting hewan gue, itu musik lebih mirip kaya musik penangkal ujan (sok tahu banget gue, macem gue dewa ujan). Tapi anehnya temen di sebelah gue ikutan nyanyi. Dan gue mulai berfikir, jangan-jangan temen gue memiliki kemampuan penangkal ujan. Wah bisa kali minta ajarin, jadi kalo musim kawin, gue bisa make itu ilmu buat nangkal ujan. Lumayankan bisa nambahin uang jajan gue. (ngarep)

Karna gue penasaran akhirnya gue tanya ke temen gue. Untuk menjaga privasi temen gue, namanya gue ganti jadi Anto.

‘Lagu apaan sih, baru denger gue to’, tanya gue ke Anto.
‘Digh lo gak tau Waq, ini lagunya ****** (maaf sensor)’, jawab Anto sambil nyanyi – nayanyi gak jelas.
‘Apaan tuh, gue baru denger’
‘Ini GIRL BAND baru waq, enak tau lagunya. Masa lo gak tau’
‘Oh .. gue gak tau tuh, gue cuma taunya SM*SH, 7 ICON doang. Itu gue tau gara-gara gue punya TV di rumah, jadi secara paksa gue akan di suguhi sama namanya “BOY/GIRL BAND”. Abis tiap hari dia nongol mulu di TV, ampe ogah gue nontonya’.
‘Hahaha, parah lo’

Gue sama Anto akhirnya fokus kembali sama materi yang di berikan sama dosen gue, KAMPRETnya tuh dosen nyetel lagu itu ampe berkali-kali. Selidik punya selidik, tuh dosen ternyata emang ngefans sama salah satu personilnya bukan sama musiknya. KAMPRET juga tuh dosen. Tau aja daon muda.

Untuk musik “BOY/GIRL BAND yang satu itu pengecualian, bukan karna gue ngiri dia bisa di demenin sama Anto+dosen gue tapi karna musik mereka aneh. Dan ada lah yang namanya nyontek sama “BOY BAND” luar negri tapi gak ngaku, apalagi gayanya mereka mirip banget kaya BANCI. BERAKnya karna muka mereka menjual, mereka semua pada bisa tenar. Padahal kalo menurut gue kelakuan mereka lebih mirip sama MONYET, tiap di kasih musik langsung joget. GOBLOKnya, semua orang berlomba-lomba menbentuk “BOY/GIRL BAND” dengan kulitas maksain demi meraih ketenaran.

Sampai ketika gue lagi iseng pergi ke kota tua, gue ngeliat berberapa laki-laki dengan tampang serem, GORILA di ragunan juga kalah serem kali. Tapi pas gue denger suara mereka, sontak gue langsung ngomong dalem hati “Najis muka doang serem, tapi suaranya kemayu”. Lucunya pas ada musik, mereka langsung aja joget-joget gak jelas di parkiran mobil. Aduh fenomena “BOY BAND” emang bikin aneh.

Untug pada awal bulan Oktober ini, industry musik INDONESIA di gebrak dengan lagu “ALAMAT PALSU” yang di nyanyiin sama AYU TING TING. Biar lebih gampang gue singkat jadi ATT.

Lagu itu terkesan asik, dan mudah di terima sama akal sehat. Apalagi musiknya INDONESIA banget+lyric lagunya lucu. Bahkan sebagian orang suka nyebut kata ‘Dimana’ dengan cara seperti ATT bernyanyi. Terkadang di acara TV kata ‘Dimana’ suka di pakai untuk dijadikan bahan lawakan. Toh emang kenyataanya lucu, jadi maaf banget nie kalo ada yang tersinggung sama tulisan gue.

Semua orang bebas dong ngutarain pendapatnya, sebebas gue menulis tulisan ini. Kalo ada yang gak suka, mending lo nulis sendiri dan gak usah peduliin karya orang lain. Gue sih juga gak munafik, kalo ada “BOY/GIRL BAND” yang kualitasnya bagus, gue gak bakalan malu menyebutnya keren. Banyak kok yang bagus tapi untuk “BOY BAND” yang tadi gue singgung, maaf gue tetep NAJIS. Kalo lo udah berkelakuan macho layaknya cowo, mungkin gue bisa suka juga sama musik lo.

Semoga aja musik di INDONESIA semakin terus berkembang dan dapat di terima oleh seluruh dunia. Seperti kata Luna Maya ketika masih jadi host di Dahsyat,“Jayalah terus musik INDONESIA”. Sayang Luna Maya udah gak jadi host lagi di Dashyat, padahal ROL (Raffi, Olga, Luna) udah keren banget. Mudah-mudahan Luna Maya bisa balik lagi jadi host. (loh)

2 komentar: