Kamis, 16 Januari 2014

‘PACAR = MAKANAN, MAKANAN = PACAR’

Udah 3 tahun terakhir (2012-2014) setiap bulan Januari selalu aja ujan melulu sampai mengakibatkan banjir di kawasana Jakarta dan sekitarnya. Gue turut prihatin sama kejadian tersebut. Walaupun rumah gue di Depok yang katanya dataran tinggi, tapi jangan salah ada juga di daerah Depok yang terkena musibah banjir. Tepatmya di kawasan Perumahan Bukit cengkeh, komplek pelni, dan sekitarnya.

Rumah dosen pembimbing D3 gue di sana, gue pernah liat photo-photo gimana tingginya air yang masuk ke wilayah tersebut. Kalo kata dosen gue dulu gini : ‘Pengembang yang melakukan pembangunan di sana melakukan kesalahan, harusnya ada wilayah yang tadinya resapan buat air, eh malah di bikin perumahan’. Dia juga udah sempet ngelapor ke Walikota Depok, tapi malah di kacangin. Kasian iya. Yang tabah iya bapak dosenku yang ganteng itu, apalagi anaknya wiiiih cantiknya minta ampun. Nanti nikahnya sama gue aja iya, calon pengusaha !!!. Pengusaha pertamina mini (baca:bensin eceran) hehehe piss bercanda pak dosen.

Sebelum masuk ke topik tulisan yang mau gue tulis ini, mari kita berdoa dulu sejenak buat seluruh wilayah di dunia yang terkena musibah apa pun khususnya buat negara yang udah ngasih pengalaman terbaik selama gue hidup yaitu INDONESIA.

Bersiap … Berdoa di mulai (pala nunduk dan nempel di meja)…….. iya selesai. Beri salam ... selamat Pagi Bu guru …. Loh kok malah kaya anak SD baru mau mulai pelajaran iya, hehehehe.

Ok dari ulang. Mari kita berdoa sesuai kepercayaan masing-masing, berdoa di mulai …..

Hening ….

Udah cukup berdoanya, intinya semoga gak ada lagi musibah kaya gitu lagi dan para masyarakat harus udah mulai membiasakan diri untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kalo perlu, terapin system kaya di negara Singapore, yang buang sampah sembarangan di denda.

Berhubung cuaca ujan terus, rumah gue yang biasanya panas ketika siang hari mendadak jadi dingin banget. Hal ini bikin perut gue yang CACINGAN bawaanya laper mulu. Ngomongin laper, gimana kalo kali ini gue ngebahas tentang makanan. Pastinya tentang makanan yang menurut gue enak dan tidak enak. Karna ini murni pendapat gue, lo boleh aja gak setuju kok. Gue juga gak rugi, kecuali gue udah traktir (baca: di beliin gratis) lo makanan tapi gak lo makan. Baru gue RUGI !!!. tau gitu mending gue kasih sama pengemis, dari pada tuh makanan malah mubazir (baca:makanan yang jadi basi akibat gak di makan).

Ngomongin soal makan di traktir, gue pernah punya pengalaman yang buruk banget. Waktu itu gue sama temen-temen GABUS MALES gue di ajak sama Inex. Oh iya GABUS MALES itu kumpulan temen-temen gue yang hampir tiap hari selalu ketemu dan bahkan hampir setiap malem minggu gak pernah di lewatin sama mereka, mau gue atau temen gue pada punya pacar, tetep aja setiap malem minggu kami selalu ngumpul. Sedangkan Inex ini temen SMA gue, pacarnya mantan SD gue itu, dia salah satu anggota GABUS MALES juga.

Waktu itu dia ngajakin GABUS MALES makan di daerah depok 2. Kami berhenti di salah satu tempat makan yang di pinggir jalan. Awalnya gue kirain mau ketukang jamu beli INTISARI atau CIU, hahaha.

Karna para GABUS MALES udah gak ada yang doyan mabok lagi, jadi kami berenti di depan tukang MIE ACEH. Kalo kata Alfi sih enak mie aceh, secara dia pernah punya cewe yang doyan makan itu. Tapi sekarang mereka udah putus, akibat ulah Mbah nya Alfi yang secara langsung mengatakan ketidak sukaannya sama tuh cewe. Padahal cuma sepele, cuma akibat RAS. Tapi iya gitu dah, cewe nya tersinggung dan mereka pun putus. Sayang banget padahal.

Kami semua mesen MIE ACEH dan minumnya teh botol. Waktu tahap pembuatan tuh makanan, sumpah bau bumbunya gak enak banget. Gue sampe bersin-bersin. Gue pun masih tetep optimis, sebab Alfi terus meyakinkan gue kalo katanya tuh makanan enak. Walaupun sebenernya si Alfi agak sedikit curiga, masa bikin makanannya pake penggorengan biasa. Dulu kata mantannya, mie aceh itu ada kuahnya gitu. Tapi BRENGSEKnya sih Alfi nutupin hal itu dari kami semua dan baru cerita ketika makanan itu sudah kita santap.

Mau tau rasanya gimana … bentar abangnya lagi naro-naroin ke meja tuh makanan.

Ok semua udah siap dan berdoa, mari kita makan ….

‘Hmmmm, rasanya kok kaya gini dan mana baunya kaya gini lagi’, kata gue dengan nada pelan sambil masang muka gak enak.
‘Iya Waq, gue juga gak tau’, jawab Alfi sambil masang muka gak enak juga.
‘Lo pada kenapa, orang enak gini makanannya’, ucap Jo sambil makan tuh mie aceh dengan lahapnya.
‘Hahhhhhhhh’, gue, Kebo, dan Alfi sontak terheran-heran ngedenger omongan Jo barusan.

Gila padahal mie aceh yang di jual di sana itu gak enak banget. Bisa-bisanya si JO bilang enak, gak waras tuh anak. Tapi ada hal yang bikin gue bingung, si Inex berhasil menghabiskan mie aceh tersebut tanpa sisa sedikit pun dan kemudian segera ngeroko.

‘Lo doyan Nex’, tanya Kebo.
‘Hahahaha. Apaan doyan, orang itu gue paksain makannya. Gini caranya, lo makannya gak usah nafas, buru-buru aja telen dan abis itu minum dah. Gue cuma takut mubazir. Ntar di akhirat gue di tanyain lagi’, jawab Inex dengan nada bijak layaknya ustad-ustad di TV.

Ngedenger hal itu, kami bertiga mencoba mengikuti petuah/wejangan dari ustad Inex barusan. Alhasil dengan penuh perjuangan sampe enek-enek, muka gue berubah jadi kemerahan hingga gue sempet keluar aer mata saking baunya gak enak. Sumpah TAI banget tuh rasa makanan !!!.

Setelah makan, di perjalanan pulang gue bertiga ngecengin Jo terus-terusan. Sebab cuma dia doang yang bilang enak pada waktu itu. Entah karna males di cengin mulu, Jo sempet bilang gini : ‘Iya emang awalnya enak, tapi lama kelamaan jadi gak enak’. Tau dah mana yang bener, yang jelas Alfi sempet muntah di pinggir jalan efek makan mie aceh.

Gak lagi-lagi dah gue makan di tempat itu. Mendingan gue mati dari pada ngerasain makan di sana lagi. Walaupun sebenernya gue sedikit penasaran, gimana rasanya MIE ACEH yang enak itu menurut versi mantannya Alfi. Tapi akibat pengalaman BUSUK itu gue jadi gak minat.

Gak adil kayanya kalo cuma nyeritain makanan yang gak enak tanpa menceritakan makanan yang enak menurut gue. Kalo tadi gue ngebahas tentang makanan yang minoritas kalo di depok timur, kali ini gue mau bahas makanan mayoritas yaitu nasi goreng.

Nasi goreng itu macemnya banyak banget. Untuk memfokuskan ini semua, gue bakalan bahas nasi goreng yang sama kaya biasa orang bikin di rumah. Cuma nasi, telor, ayam/bakso, berserta bumbu standarnya.


Gue, Kebo, dan Aciel (Aciel temen SMA gue) yang kala malem itu lagi laper-lapernya memutuskan mencari tukang nasi goreng. Karna Kebo suka mencoba tempat-tempat makan baru, dia ngajak ke tukang nasi goreng yang letaknya deket SD gue dulu.

‘Bang nasi goreng 3 makan di sini. Yang 2 pedes dan yang 1 sedeng iya’, ucap gue.
 ‘Iya, bentar iya. Duduk aja dulu’, jawab abangnya.



Sambil nunggu tuh makanan jadi, di sana ada juga sepasang kekasih yang udah ada sebelum kami dateng. Mereka seumuran abang gue yang cowo lah. Kira-kira 2 menit dari kedatangan kami. Cewe itu langsung bayar pesenannya dan mereka ngobrol-ngobrol lagi di dekat motor tuh cowo.

Ketika pesenan itu jadi, tuh cowo langsung ngambil pesenan mereka.

‘Eh maaf mas, kurang uangnya. Kan pesenanya 2. Tadi sih mbanya cuma baru bayar 1’, ucap tukang nasi gorengnya.
‘Kamu gak bayarin aku sekalian’, tanya tuh cowo ke cewenya.
‘Nggak. Kan kita bayarnya masing-masing’, jawab tuh cewe.
‘Lah kan tadi aku udah beli bensin’, sambung tuh cowo.

Cewe itu pun cuma diem aja. Dan dengan memasng muka terpaksa, kemudian tuh cowo mau mengeluarkan uangnya lagi untuk bayar kekurangan nasi goreng.

Ngedenger hal barusan kami bertiga saling bertatapan, sambil menahan tawa.



Setelah pasangan itu pergi, barulah kami bertiga ketawa terbahak-bahak. GILA tuh cowo, bensin aja pake perhitungan. Gak bersyukur banget, padahal udah dapet cewe yang cakep banget. Dan kalo kata tukang nasi gorengnya gini : ‘Parah tuh cowo, udah di kasih t**e juga, masing aja perhitungan’, sambil ketawa.

Tau gitu mending sama gue dah tuh cewe, sama calon pengusaha pertamina mini, di jamin bensin gak bakalan di perhitungin, hehehe.

Akibat kejadian lucu itu, nama tempat tuh nasi goreng berubah jadi nasi goreng bensin. Itu nama khusus dari para GABUS MALES dan para kerabatnya. Walaupun sebenernya nama tuh tempat nasi goreng kabaret.

Udah puas ketawa-tawa. Nasi goreng yang di tunggu-tunggu pun dateng juga. Rasanya enak banget dan banyak pula. Dulu harganya pas kejadian itu masih Rp 8000, tapi sekarang jadi Rp 10.000 (akibat harga BBM yang naik).

Sebenernya masih banyak banget tempat makanan yang mau gue ceritain satu per satu. Tapi takut lo bosen baca tulisan gue, jadi gue tulis secara singkat aja iya. Berikut daftar tempat makan yang sering gue kunjungin, siapa tau lo bisa mampir atau gak traktir gue gitu, hehehehe.

1.      Nasi Uduk
Kalo pagi yang enak dulu ada di pasar musi, tapi karna ibu-ibu yang biasa jual sakit. Jadi udah gak jualan lagi dah (turut prihatiin gue). Akhirnya gue jadi pindah, jadi biasa beli di SD gue atau gak di bang Eka (deket rumahnya Alfi). Kalo malem, nasi uduk yang enak itu di turunan perumahan sebelum perumahan mutiara depok (agak mahal sih) atau di merdeka di nasi uduk pak Haji (deket mie kangen)
2.      Ketoprak
Kalo pagi itu yang enak yang biasa lewat depan rumah gue di sekitaran jam 11 pagi. Kalo malem enak di perempatan sonokembang.
3.      Mie Ayam
Kalo yang lewat yang enak itu mie ayam Rono Rene (mantan pacar gue waktu SMA sampe doyan banget, tiap dateng pasti maunya makan itu). Kalo yang mangkal ada 2 yang enak, yang satu itu di condong raos (deket SMAN 2 depok ) dan satu lagi di mie ayam pak gendut (di STM, di pinggir jalan yang mau ke arah pesona depok).
4.      Soto Betawi

Cuma satu tempat soto betawi yang membuat gue tergila-gila makannya. Tuh tempatnya di dalem gang gitu, yang di depannya ada Indomaret. Gue lupa alamatnya, yang jelas sebelum danau batur itu. Nama sotonya bang Gani (tau dah bener atau gak, gue tau namanya dari si Ria)
5.      Gado-gado
Cuma satu juga yang enak, di deket pertigaan yang mau ke arah cimanuk raya, dia ada di sebelah kiri. Jangan sekali-kali ajak orang yang gak suka bawang goreng makan di sana. Karna bumbunya dia di campurin bawang goreng gitu. Dulu pas gue lagi mau makan itu, mantan gue yang SMA tiba-tiba dateng ke rumah. Kondisinya udah putus padahal, dia dateng buat minta maaf. Akhirnya gue ajak aja sekalian makan (dari pada gue dengerin orang minta maaf dulu, yang ada gue keburu MATI kelaperan). Di sana gue sempet lupa, kalo dia alergi sama bawang goreng. Abis dia makan, badannya pada muncul merah-merah gitu dah, kemudian dia jadi sibuk garuk-garukin badannya (gak tega gue ngeliatnya, jadi gue bantuin gitu dah garukin tangannya, gue jadi ngerasa kaya sepasang KERA yang lagi nyari kutu, hehehe). Jujur pada saat itu, gue pura-pura gak tau aja. Padahal mah gue tau sebab dia gatel-gatel kenapa. Tapi mau di apain lagi, gue beneran lupa, maaf iya hehehe.

Udah iya tambahannya 5 aja, kebanyakan cerita makanan gue jadi laper. Yang jelas gue paling gak suka sama makanan yang berbau ikan (kecuali teri medan. Apalagi di cabein+kentang, gue suka banget), makanan yang udah masuk ke kulkas, dan makanan angetan (abis baunya aneh, kaya baju kering tapi kurang kena mataharinya. Jadi ANEH+APEK !!!).

Oh iya gue termasuk orang yang paling susah soal makanan dan suka milih-milih. Sama susahnya kaya nyari pacar. Tapi kalo udah dapet, gue bakalan setia dan berusaha menjaganya. Walaupun gue suka reflek kalo ngeliat cewe yang cakep atau berpakaian layaknya cabe-cabean, tapi reflek itu seolah-olah ilang gitu aja. Boro-boro berani ngajak kenalan, reflek ngelatin dia aja udah gak minat. Emang sih dulu gue sering ngeliat cabe-cabean di jalan. Tapi iya gitu, gue cuma seneng aja sama jalan-jalannya dan gak minat buat di jadiin pacar tuh cabe-cabean.

Dari hal ini, gue jadi dapet pelajaran : 

‘Nyari pacar itu bisa juga kaya cari makan. Sebagian orang bilang enak, sebagian orang bilang gak enak. Tapi ketika lo udah ngerasain makanan yang enak. Yaudah lo coba setia sama makanan itu, meskipun terkadang makanan itu bisa berubah jadi gak enak karna kokinya melakukan kesalahan. Tapi hal itu wajar, karna semua orang pernah melakukan kesalahan. Dan jangan lupa segera mengabil keputusan mengenai makanan tersebut, jangan sampai nunggu makanan itu BASI saking kelamannya. Karna makan di satu atap berdua yang sama sama lo tinggalin akan jauh lebih menarik’.

Dan yang terakhir ….

Kalo Anda gak mau pasangan Anda macem-macem atau melakukan hal yang gak kalian suka. Jangan pernah sekali-kali melakukan hal yang bisa membuat pasangan Anda gak suka. Tapi kalo Anda sudah tidak melalukan hal tersebut, tapi pasangan Anda yang melakukannya ???. Maka segeralah pergi dari pasangan Anda, pasangan kaya gitu GAK TAU DIRI’.

Karna sekarang gue lagi jomblo dan ujan udah reda, jadi gue mau makan dulu ke tempat soto betawi. Siap tau aja ketemu cerita menarik lagi buat di tulis. Abis gue cape mikir mulu di depan laptop ditemani lagu MAROON 5 yang bisa mengobati dingin nya hati.

5 komentar:

  1. maksudnya ooohh... apaan ?
    kaya tukang keong ooh doang, hahahaha piss

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Hahahaha, mario teguh kali.

      Kalo di sini mah, slogan yang cocok kayanya bukan itu.
      Yang cocok itu "Sangat TOLOL Sekali Penulisnya", hehehehe.

      Makasih iya udah sempet-sempetin baca tulisan gue yang bisa berefek bikin sakit mata.
      Buktinya mata gue sekarang udah jadi empat, hehehehe.

      Hapus
  3. siiip laah, sama2 bray.
    gagagaaa
    mata lu jadi 4, mata gua jadi 5 baca blog lu.
    mata asli 2, mata kaki 2, atunya lg mata hati.
    wkwwkwk

    BalasHapus